Berita

DPRD Pacitan Umumkan Pimpinan Definitif Periode 2024-2029

Kamis, 19 September 2024 - 19:56
DPRD Pacitan Umumkan Pimpinan Definitif Periode 2024-2029 Ketua DPRD Pacitan sementara, Arif Setia Budi. (FOTO: Arif for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITANDPRD Pacitan telah menggelar rapat paripurna pada hari ini, Kamis (19/9/2024) untuk mengumumkan pimpinan definitif DPRD Pacitan periode 2024-2029.

Rapat paripurna diadakan untuk menetapkan nama-nama yang akan menduduki posisi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pacitan berdasarkan hasil Pemilu 2024.

Berdasarkan perolehan kursi terbanyak di DPRD Pacitan, sejumlah partai yang berhak mendapatkan kursi pimpinan adalah Partai Demokrat dengan 18 kursi, Partai Golkar dengan 7 kursi, PDI Perjuangan dengan 6 kursi, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 5 kursi.

Ketua DPRD sementara, Arif Setia Budi (ASB), dalam sambutannya mengatakan bahwa penentuan calon pimpinan DPRD Pacitan dilakukan sesuai peraturan yang berlaku, di mana partai politik yang memiliki perolehan kursi terbanyak berhak mengajukan calon pimpinan.

“Pengumuman ini dilakukan berdasarkan partai politik yang memperoleh kursi terbanyak, di mana partai tersebut berhak mengajukan calon pimpinan DPRD kepada pimpinan sementara, yang kemudian akan diumumkan untuk ditetapkan,” jelas Arif. 

Lebih lanjut, pimpinan sementara DPRD Pacitan telah mengirimkan surat kepada partai politik pemenang Pemilu 2024 untuk mengirimkan daftar nama calon pimpinan DPRD Pacitan.

“Surat telah dikirimkan kepada Ketua DPC Partai Demokrat, Ketua DPC Partai Golkar, PDIP, dan Partai Kebangkitan Bangsa. Dalam rapat paripurna ini, kami akan mengumumkan calon pimpinan DPRD definitif,” lanjutnya.

Adapun usulan dari masing-masing fraksi, Fraksi Partai Demokrat mengusulkan Arif Setia Budi sebagai calon Ketua DPRD Pacitan. Fraksi Partai Golkar mengajukan Lancur Susanto sebagai Wakil Ketua DPRD, sedangkan Fraksi PDI Perjuangan masih dalam proses pengajuan. 

Sementara itu, Fraksi PKB mengusulkan Fibi Irawan sebagai Wakil Ketua DPRD Pacitan periode 2024-2029.

“Selanjutnya, hasil pengumuman ini akan segera kami usulkan kepada gubernur untuk ditetapkan dan dilantik secara resmi,” imbuh Arif. 

Dengan demikian, sesuai dengan perolehan kursi di DPRD Pacitan, Arif Setia Budi dipastikan akan menduduki posisi Ketua DPRD Pacitan periode 2024-2029. 

Berikutnya, Lancur Susanto dari Partai Golkar, calon dari PDIP yang masih menunggu pengajuan, dan Fibi Irawan dari Partai Kebangkitan Bangsa, akan menempati posisi Wakil Ketua DPRD Pacitan 2024-2029. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.