Berita

Wisuda ITN Malang, Rektor: Lulusan Harus Jadi Trendsetter

Kamis, 19 September 2024 - 18:02
Wisuda ITN Malang, Rektor: Lulusan Harus Jadi Trendsetter Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D, walam wisuda ke-72 ITN Malang di Hotel Grand Mercure Malang, Kamis (19/9/2024). (Foto: Humas ITN Malang)

TIMES JATIM, MALANG – Ada berbagai pesan penting yang disampaikan oleh Rektor Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang), Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D, dalam gelaran wisuda ke-72, Kamis (19/9/2024) di Hotel Grand Mercure Mirama Malang. Salah satunya adalah agar para lulusan bisa unggul dalam persaingan dunia kerja.

“Lulusan ITN Malang harus menjadi trendsetter, bukan trend follower. Mereka harus memiliki kompetensi dalam persaingan di dunia kerja, serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini,” ujar Awan.

Rektor menyatakan, ITN Malang telah lebih dari 5 dekade berkomitmen dalam mencetak SDM yang unggul dibidang teknologi. ITN Malang tidak hanya memberikan pendidikan berbasis teknologi, namun juga turut membangun karakter, etika, dan semangat untuk terus berinovasi.

Dia menerangkan, ITN Malang terus berupaya mengembangkan inovasi di bidang penelitian dan teknologi melalui Pusat Penelitian dan Inovasi, yang bertujuan untuk memfasilitasi aktivitas dosen dan mahasiswa di bidang research, project maupun partnership dengan dunia industri.

"Ini merupakan pusat-pusat unggulan sebagai embrio yang akan kami kembangkan bersama, antara dosen dan mahasiswa," sambung rektor.

Selain itu masih banyak hal yang dilakukan kampus untuk menyiapkan lulusan yang unggul. Seperti memperluas jejaring kerja sama dengan mitra industri, memperkaya bahan ajar agar relevan dengan perkembangan IPTEK, serta melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam kesempatan itu, dia juga memamerkan program campus hiring and recruitment. Sebuah program yang dilakukan dengan mendatangkan  perusahaan/ industri berskala nasional dan internasional yang siap menampung mahasiswa atau lulusan bekerja di perusahaan tersebut.

"Bapak ibu sekalian, campus hiring ini ternyata telah membantu mahasiswa mendapat kesempatan lebih awal untuk mendapat peluang kerja. ITN Malang terus berupaya mendekatkan dunia industri dan mendampingi mahasiswa sehingga mereka bisa mencapai kesuksesan," jelas rektor.

Sebagai informasi, dalam wisuda kali ini, ada 578 wisudawan yang dikukuhkan. Mereka berasal dari  dua fakultas dan program pascasarjana. Dengan rincian Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) 296 wisudawan, Fakultas Teknik Industri (FTI) 259 wisudawan, dan program pascasarjana S-2 23 wisudawan. Sebanyak 152 (26,3 persen) wisudawan berhasil lulus dengan predikat cum laude atau dengan pujian. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.