Berita

Akhir Masa Jabatan, Sandiaga Uno Pamit ke Masyarakat Banyuwangi

Sabtu, 21 September 2024 - 14:16
Akhir Masa Jabatan, Sandiaga Uno Pamit ke Masyarakat Banyuwangi Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, usai sambuatan di kegiatan workshop KaTa Kreatif di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Menjelang berakhirnya masa jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno pamit kepada masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur.

Pernyataan tersebut diungkapkan Sandi usai memberikan sambutan di acara workshop KaTa Kreatif (Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia) di Pendopo Sabha Swagata Balambangan, Sabtu (21/9/2024).

“Saya pamit, bisa jadi ini kali terakhir sebagai Menparekraf RI,” kata Sandi.

Selain itu, dia juga menyampaikan terimakasih kepada rekan-rekan media yang telah mempromosikan pariwisata kepada khalayak luas.

“Terimakasih teman-teman media yang sudah membantu kami dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif nusantara,” ujarnya.

Untuk diketahui, hubungan Chemistry Banyuwangi dengan Sandi terbilang cukup erat. Baginya, Bumi Blambangan adalah daerah yang menginspirasi perkembangan pariwisata di nusantara.

Sandi menuturkan, saat pertama kali diberi tugas oleh Presiden RI, Joko Widodo untuk bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) menjadi Menparekraf, dia diperintahkan untuk menemui Abdullah Azwar Anas yang kini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) belajar terkait pengembangan pariwisata.

Sebagai Bupati Banyuwangi dua kali periode yakni mulai tahun 2010-2015 dan 2016-2021 ini, Anas memang berhasil mengubah Banyuwangi tersohor pariwisatanya yang kian bertumbuh pesat. 

“Waktu pertama kali jadi menteri, saya disuruh Presiden Jokowi untuk menemui Menteri Anas untuk belajar terkait Pariwisata,” ungkap saat meluncurkan Paket Wisata 3B (Banyuwangi, Bali Barat dan Bali Utara) di Sanggar Genjah Arum, Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Dalam periode jabatannya, Sandiaga terbukti berhasil mengubah wajah pariwisata nusantara menjadi destinasi wisata yang kian terkenal. Di bawah kepemimpinannya, sektor pariwisata, khususnya desa wisata dan ekonomi kreatif, berkembang pesat di Indonesia.

Selain itu, untuk merealisasikan program-program Kemenparekraf. Sandi juga di bantu oleh Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono yang merupakan putra daerah Banyuwangi, Jawa Timur. 

Dengan penuh rasa syukur, Sandiaga menutup masa jabatannya dengan harapan bahwa Banyuwangi akan terus bersinar sebagai destinasi pariwisata unggulan.

“Ingin melihat ekosistem pariwisata terbaik nusantara, datang ke Banyuwangi,” kata Sandiaga Uno. (*)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.