Flash News

Parut Ditiru, Kelompok Pelajar Ini Punguti Sampah di Sepanjang Rute JFC

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 18:29
Parut Ditiru, Kelompok Pelajar Ini Punguti Sampah di Sepanjang Rute JFC Pelajar tengah memunguti sampah berserakan di sepanjang rute JFC. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBER – Ada hal yang menarik di dalam Jember Fashion Carnival (JFC) 2024 yang digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim).

Salah satunya, aksi sejumlah pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Santo Paulus Jember yang membersihkan sampah berserakan di lokasi JFC yang berlangsung mulai hari ini, Sabtu (3/8/2024).

Hebatnya, sambil memunguti sampah para pelajar ini juga mengajak masyarakat atau pengunjung JFC ikut membersihkan sampah yang ada di sekitar mereka.

Dina Putu Ayu Kristiyanti, 42, salah satu guru yang mendampingi para pelajar tersebut menuturkan bahwa aksi terpuji itu dilakukan sejak siang tadi.

Ternyata, lanjut Dina, aksi tersebut tidak dilakukan saat JFC tahun ini saja, namun sejak gelaran JFC pertama yakni 2016 silam.

"Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sejak JFC tahun 2016," kata Dina.

Dia menerangkan bahwa melalui aksi tersebut pihaknya ingin memberikan contoh yang baik kepada penonton agar tidak membuang sampah sembarangan.

Untuk itu, pihaknya juga membawa karung sampah agar penonton bisa membuang sampah di sana.

"Jika sampah itu dibuang di jalan akan tertiup dan terbawa angin sehingga sampah semakin berserakan," tuturnya. 

"Jadi tujuan kami adalah bertemu dengan penonton dan mengajak untuk ikut menjaga kebersihan bersama selama perhelatan JFC ini," tambahnya.

Dia juga berharap, pemerintah dan penyelenggara JFC juga memperhatikan masalah sampah ini.

"Yakni kendala utamanya adalah di sepanjang rute JFC ini, kurangnya tempat sampah. Kami hanya menjumpai dua tempat sampah di sepanjang jalan ini," ungkapnya. (*)

Pewarta : M Abdul Basid (MG)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.