Berita

KPU Jatim Resmi Tetapkan Tiga Paslon di Pilgub Jatim 2024

Minggu, 22 September 2024 - 20:04
KPU Jatim Resmi Tetapkan Tiga Paslon di Pilgub Jatim 2024 Penyerahan surat salinan penetapan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jatim oleh KPU Jatim kepada tim pasangan calon, Minggu (22/9/2024). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur (Jatim) hari ini resmi menetapkan tiga Pasangan Calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur di Pilkada Jatim 2024. 

Tiga pasangan tersebut adalah Khofifah Indar Parwansa-Emil Elestianto Dardak, Tri Rismaharini - Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) Luluk Nur Hamida - Lukmanul Khakim. Mereka dinyatakan telah memenuhi persyaratan.

Penetapan oleh KPU Jatim itu ditandai penyerahan surat salinan Penetapan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jatim oleh KPU Jatim kepada tim pasangan calon.  

Ketua KPU Jatim Aang Kunaefi, mengatakan setelah dilakukan verifikasi terkait persayaratan yang telah diserahkan pasangan calon, KPU Jatim akhirnya menyatakan 3 pasangan calon yang didaftakan partai politik masing-masing telah sesuai dan memenuhi syarat seperti diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).  

Usai Rapat Pleno Penetapan pasangan calon, yang dilakukan oleh seluruh komisioner KPU Jatim, kemudian diterbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Pasangan Calon untuk berkontestasi di Pilgub Jatim 27 Nopember 2024.  

"Setelah penetapan yang dilakukan oleh KPU, pasangan calon tersebut besok Senin (23/9/24), akan mengikuti pengundian nomor urut calon, dan pada hari Selasa (24/9/24), pasangan calon wajib mengikuti Deklarasi Kampanye Damai yang akan digelar di Area Tugu Pahlawan, Surabaya," ujar Aang.  

Di Pilgub Jatim 27 November 2024 mendatang, pasangan incumbent Khofifah-Emil diusung dan didukung 15 parpol yakni, Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, Nasdem, PAN, PKS, PPP, PSI, Perindo, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).  

Untuk pasangan Calon Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), diusung dan didukung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Umat. Dan pasangan Luluk Nurhamida-Lukmanul Khakim diusung dan didukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.