Berita

Penetapan Paslon Cagub-Cawagub Jatim Berlangsung dalam Rapat Pleno Tertutup 

Jumat, 20 September 2024 - 16:31
Penetapan Paslon Cagub-Cawagub Jatim Berlangsung dalam Rapat Pleno Tertutup  Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Choirul Umam saat paparan tahapan penetapan dan pengundian nomor pasangan calon di Pilgub Jatim, Jumat (20/9/2024). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyusun langkah teknis jelang tahapan penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024.

Komisioner KPU Jatim Divisi Litbangmas Nur Salam, Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Choirul Umam dan Komisioner KPU Jatim Divisi Hukum, Habib M Rohan memberikan keterangan terkait persiapan, Jumat (20/9/2024).

Di Pilgub Jatim, tiga bakal pasangan calon mantap berkontestasi. Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, Tri Rismaharini-Gus Hans dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim.

Mereka telah dinyatakan lolos administrasi saat pendaftaran. Berikutnya penetapan pasangan calon dilakukan pada 22 September 2024 dalam Rapat Pleno Tertutup sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024. 

Rapat Pleno Tertutup Penetapan Pasangan Cagub-Cawagub berlangsung di Kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis Kota Surabaya mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. 

"Pada 23 September 2024 akan dilanjutkan pengundian nomor urut pasangan calon di Ballroom Hotel Mercure Darmo Surabaya, mulai jam 12 pagi," kata Choirul Umam.

Pengundian nomor urut dilaksanakan dalam Rapat Pleno Terbuka. Mengundang tiga pasangan calon berikut pendukung serta partai politik pengusung. Masing-masing kuota 150 orang.

Dalam pengundian nomor urut, wakil calon akan mengambil bola dengan nomor 1-14 dalam tabung fishball. Kemudian ditunjukkan kepada tamu undangan. Angka terkecil mendapat kesempatan pertama mengambil tiket undian nomor urut. 

Sementara Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga berlangsung pada hari yang sama.

Bersamaan dengan proses dua tahapan itu, KPU Jatim juga menyelenggarakan Jambore Mahasiswa dan Deklarasi Kampanye Damai dalam waktu dekat.

Habib M Rohan menjelaskan, jambore melibatkan organisasi kemahasiswaan dan eksternal. Seperti PMIII, GMNI dan Cipayung. Konsolidasi dalam jambore bertujuan membentuk 1000 Satgas Demokrasi. 

"Acara tanggal 21 besok, lokasinya di Jatim Expo," kata Habib M Rohan.

Sementara Deklarasi Kampanye Damai bersama tiga Paslon yang telah mengantongi nomor urut. Acara berlangsung pada 24 September 2024 di Tugu Pahlawan Surabaya.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.