Berita

Pacuan Kuda Kapolres Pacitan Cup 1 2024 Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi Lokal

Minggu, 22 September 2024 - 10:47
Pacuan Kuda Kapolres Pacitan Cup 1 2024 Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi Lokal Pacuan Kuda Kapolres Pacitan Cup 1 2024 diikuti para atlet nasional. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia) 2: Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITANPacuan Kuda Kapolres Pacitan Cup 1 2024 resmi digelar pada Minggu, 22 September 2024 di arena Pacuan Kuda Intan Samodra, Pacitan. 

Selain olahraga, momentum ini bertujuan bisa mendorong pertumbuhan pariwisata dan mendongkrak ekonomi lokal melalui olahraga berkuda.

Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, mengungkapkan tujuan utama acara ini adalah untuk meningkatkan pariwisata Pacitan sekaligus mendorong roda ekonomi agar masyarakat setempat bisa merasakan dampaknya secara langsung.

“Tujuan acara ini adalah untuk mengangkat pariwisata dan olahraga sekaligus menggerakkan roda ekonomi serta menyejahterakan masyarakat Pacitan,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Lebih jauh, Kapolres Agung juga berharap, ke depannya akan ada sarana pendukung berupa hotel khusus kuda di Pacitan yang diharapkan dapat menarik wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Ke depan harapannya ada hotel khusus kuda di Pacitan, sehingga akan menarik saya kunjung wisatawan. Semoga 5-10 tahun ke depan pacuan kuda di Pacitan dapat go internasional," tambahnya optimis.

Kapolres.jpg

Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Polres Pacitan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, serta Fordasi Jawa Timur. Dukungan juga datang dari berbagai pihak seperti King Halim, BPJS Ketenagakerjaan, PJB Jawa Bali, Bintang Madura, Tunas Subur, dan Bank Jatim, yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

"Acara ini terselenggara berkat kolaborasi Polres Pacitan, Pemkab, dan Fordasi Jawa Timur," jelas AKBP Agung Nugroho.

Selain pacuan kuda, acara ini juga diramaikan dengan performa dari para atlet nasional yang mempertunjukkan olahraga panah berkuda dan tombak berkuda. 

Keahlian para atlet yang telah berprestasi di kancah internasional ini menambah daya tarik bagi para pengunjung.

Tak hanya sekadar kompetisi, Pacuan Kuda Kapolres Pacitan Cup 1 2024 juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet lokal yang potensial di bidang olahraga berkuda.

 Dengan sarana dan prasarana yang semakin baik, diharapkan akan lahir atlet-atlet berkuda berkualitas dari Pacitan yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Semoga sarana dan prasarana lebih baik sehingga mendukung bakat dan prestasi para calon atlet berkuda Pacitan," harap Kapolres.

Masa Depan Pacuan Kuda di Pacitan

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Fordasi Pacitan, Sugiharto, juga menyampaikan optimisme terkait masa depan olahraga berkuda di Pacitan.

 Sugiharto menjelaskan bahwa Pacuan Kuda Kapolres Cup 1 2024 ini diikuti 118 ekor kuda memperebutkan 20 kelas dengan masing-masing kelas akan diambil juara 1, 2, dan 3.

"Ke depan, di Pacitan akan didirikan arena pacuan kuda bertaraf nasional. Di sini, Alhamdulillah, lokasinya sangat mendukung sekali," terang Sugiharto.

Ia juga menambahkan bahwa dukungan dari berbagai pihak sangat luar biasa, dan jika fasilitas seperti kandang khusus kuda dapat diwujudkan, maka dampaknya terhadap perekonomian masyarakat akan semakin besar.

"Support berbagai pihak luar biasa. Jika nanti ada kandang khusus kuda, maka akan mendongkrak perekonomian masyarakat," pungkasnya.

Selain itu, Sugiharto berharap, momentum serupa ke depan agar bisa digelar dengan durasi waktu lebih lama. "Jangan hanya sekali, ke depan bisa beberapa hari," pungkasnya. 

Acara ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh penting di Pacitan, di antaranya Sekretaris Daerah Pacitan, Heru Wiwoho, Dandim 0801 Pacitan, Letkol Arh Imam Musahirul, serta Ketua Fordasi Pacitan, Sugiharto. Kehadiran para pejabat ini menunjukkan pentingnya acara ini dalam membangun pariwisata dan olahraga berkuda di wilayah Pacitan.

Pacuan Kuda Kapolres Pacitan Cup 1 2024 ini menjadi bukti bahwa olahraga berkuda di Pacitan tidak hanya memiliki potensi besar dalam bidang olahraga, tetapi juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat. (*) 

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.