Berita

500 Personel Gabungan Disiapkan, Amankan Penetapan dan Pengundian Nomor Paslon Pilkada Kota Malang

Minggu, 22 September 2024 - 16:06
500 Personel Gabungan Disiapkan, Amankan Penetapan dan Pengundian Nomor Paslon Pilkada Kota Malang Kasi Humas Polresta Malang Kota, Ipda Yudi Risdiyanto saat ditemui awak media di Kantor KPU Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Penetapan pasangan calon (Paslon) dan pengundian nomor urut bagi Paslon diagendakan digelar secara dua hari berturut-turut oleh KPU Kota Malang.

Untuk penetapan, digelar pada Minggu (22/9/2024) hari ini di Kantor KPU Kota Malang. Sedangkan, untuk pengundian nomor urut Paslon bakal digelar, Senin (23/9/2024) besok di Hotel Ijen Suites Malang.

Kasi Humas Polresta Malang Kota, Ipda Yudi Risdiyanto mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 500 personel gabungan untuk mengamankan rangkaian penetapan dan pengundian nomor urut Paslon di Pilkada 2024 ini.

"Kami menyiapkan personel secara keseluruhan kurang lebih 500 yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub. Ini sebagai antisipasi kita biar tetap aman dan nyaman," ujar Yudi, Minggu (22/9/2024).

Para personel tentunya akan ditempatkan di sejumlah titik. Diantaranya, di lokasi pengundian nomor urut di Hotel Ijen Suites kemudian di kantor KPU Kota Malang dan kantor Bawaslu Kota Malang.

"Kita yang tupoksinya menjaga Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), tentu akan antisipasi kemungkinan buruk. Paling kuat, kita amankan di lokasi pengundian nomor urut Paslon," ungkapnya.

Penguatan pengamanan di lokasi pengundian nomor urut Paslon karena nantinya seluruh pendukung Paslon akan bertemu di satu lokasi. Hal ini lebih diperkuat dalam penjagaan untuk tetap mengedepankan dan menjaga kondusifitas.

"Tetap saling menghormati satu sama lain, baik dari masing-masing pendukung Paslon yang akan melaksanakan pengundian nomor urut," katanya.

Usai penetapan dan pengundian nomor urut Paslon berjalan, selanjutnya pihak kepolisian akan melakukan pengamanan melekat ke masing-masing Paslon selama Pilkada 2024 ini berjalan.

"Kita akan melakukan pengamanan pribadi 1x24 jam untuk melaksanakan pengamanan terhadap para Paslon yang akan mengikuti tahapan Pilkada selanjutnya," tuturnya.

Dengan begitu, Yudi mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Malang untuk tidak golput dan menggunakan hak suaranya dalam Pilkada 2024.

"Sesuai dengan arahan Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, meminta kepada seluruh masyarakat Kota Malang untuk menggunakan hak pilihnya. Ayo datang ke TPS, karena satu suara kita menjadi penentu Kota Malang ke depan," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.